Dari RubyRep ke Bucardo

  Setelah beberapa saat rubyrep dipergunakan di server produksi kita, akhirnya saya putuskan untuk menghentikan pemakaian rubyrep dan beralih ke bucardo.

Rubyrep adalah produk replikasi untuk postgresql yang cukup baik. Dibuat oleh Arndt Lehmann. Instalasinya cukup mudah dengan setting yang flexible. Rubyrep juga dapat yang saya pergunakan adalah yang versi JRuby. Karena kemudahan instalasinya itulah maka saya mencoba rubyrep terlebih dahulu.

Bucardo adalah produk replikasi untuk postgresql juga. Awalnya dipergunakan di Backcounty.com pada tahun 2002 pada postgresql versi 7.2. Bucardo dirilis untuk umum tahun 2007 dan hingga saat ini versi stabil yang terakhir adalah versi 4. Untuk versi 5 masih beta dan sudah di kembangkan selama 3 tahun. Versi 5 inilah yang saya pergunakan untuk menggantikan rubyrep.

Alasan mengapa berhenti memakai rubyrep adalah murni karena rubyrep tidak cocok dengan arsitektur applikasi kita. Berikut alasan alasannya :

  • Tabel dengan banyak kolom, applikasi kita memiliki beberapa tabel yang memiliki banyak kolom, lebih dari 25 kolom, dan tabel tabel ini harus dapat direplikasikan ke server lain yang berada di luar kota.
  • Kecepatan replikasi, untuk tabel dengan banyak kolom, kecepatan replikasi antar kota dengan rubyrep hanya max 20 record, sementara dengan bucardo kecepatannya antara 200-250 record.

Rubyrep cukup bagus, hanya saja untuk arsitektur applikasi kita, rubyrep masih belum dapat bekerja optimal dibandingkan dengan bucardo. Jadi setelah membandingkan hasil test antara bucardo dan rubyrep, maka saya semakin mantab untuk beralih ke bucardo. Apabila anda memiliki pengalaman menggunakan bucardo, mohon infonya.

Author: Nareswara

Ordinary People with eye glasses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *