PostgreSQL 9.2 Release

  Kemarin, komunitas PostgreSQL menyambut peluncuran versi terbaru dari database PostgreSQL, yaitu versi 9.2. Menurut press release yang dikeluarkan pengembang, versi yang terbaru ini memberikan peningkatan pada replikasi dan performance yang cukup menjanjikan.

Adapun fitur fitur unggulan untuk versi 9.2 ini adalah :

  • Tipe data baru yakni Range dan JSON
  • Linier Scalability to 64 cores.
  • Index Only Scans
  • Pengurangan konsumsi daya CPU
  • Peningkatan kemampuan replikasi dan performance
  • Extension pg_stat_statement
  • dan beberapa lagi dapat dibaca disini.
Dari fitur fitur diatas, saya tunggu adalah Index Only Scans (IOS) dan pg_stat_statement.
Index Only Scan adalah fitur untuk mencari data hanya di area index saja, tanpa perlu melihat ke real data di tabel. Sebelum versi 9.2, PostgreSQL akan mencari data di index terlebih dahulu, kemudian memastikannya dengan cara melihat ke real data di tabel. Dengan fitur IOS proses memastikan ke real data di table digantikan dengan visibility map.  Visibility Map ini disimpan didalam index, sehingga pada saat mencari data di index, PostgreSQL akan melihat nilai Visibility Map, jika bernilai “all visible” maka proses pencarian hanya akan dilakukan di dalam index, tanpa perlu melihat ke real-data di tabel. Mekanisme inilah yang dikenal sebagai Index Only Scan. Tentu saja ada kaidah kaidah pemakaian yang harus diikuti pada saat memakai IOS ini.
Pg_stat_statement adalah fitur untuk memonitor query melalui dynamic system view. Jadi proses memonitor query dapat dilakukan melalui view. Kita dapat melihat berapa kali query di jalankan dan berapa lama proses eksekusinya. Idenya adalah untuk memberikan kita timbal balik yang cepat terhadap query yang “panas” dan memakan banyak sumber daya sistem. Sebelumnya kita sudah mengenal pgfouine atau pgbadger yang dapat dipergunakan untuk mencari query query yang “panas” tersebut. Dengan adanya dynamic system view ini maka kita menganalisa dengan lebih capat tanpa perlu menjalankan log database.
Bagaimana dengan anda, fitur mana yang anda nantikan ?

Author: Nareswara

Ordinary People with eye glasses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *