Replikasi melambat setelah tabel reorganize dengan CTAS

  Teman teman pasti tahu kalau saya memakai Bucardo untuk replikasi. Nah kejadian terakhir yang saya alami dengan bucardo berhubungan dengan tabel reorganisasi. Begini ceritanya.

Saya memiliki 3 server yang saya pergunakan untuk master to master replication dan hanya salah satu server saja yang di pergunakan sebagai server transaksi utama, lainnya untuk keperluan backup dan baca data. Nah saat saya melakukan analisa terhadap server untuk keperluan backup dan data ini, saya menemukan beberapa tabel yang ukurannya 3x lebih besar dari asalnya di server transaksi utama. Saya cek apakah mungkin tabelnya ter-fragmentasi atau tidak. Ternyata benar ada fragmentasi disana.

Akhirnya tabel yang ter-fragmentasi itu saya betulkan dengan metode CTAS. Berhasil. Salah satu tabel tersebut setiap malamnya melakukan update data sekitar 150k records. Jadi kalau dengan bucardo akan menjadi 300K records. Saya berkeyakinan bahwa semuanya akan lancar.

Esoknya, hari ke 1, sewaktu saya memonitor ZABBIX, ini adalah tools di linux untuk melihat kondisi server, saya mendapati bahwa dua server dimana saya melakukan CTAS kemarin cpu-load-nya sangat tinggi. Itu selesai setelah 6 Jam process, baru load nya turun drastis. Langsung saja saya curiga, mungkin itu terjadi karena tabel yang kemarin saya CTAS. Kemudian saya coba matikan bucardo-nya dan berharap esok hari zabbix akan memberikan laporan yang lebih baik.

Esoknya, hari ke 2, pagi pagi langsung saya lihat kondisi Zabbix, ternyata benar, load selama 12 jam terakhir rendah sekali. Jadi saya berkesimpulan bahwa load yang tinggi kemarin itu karena Bucardonya. Saya remove tabel tabel yang kemarin saya CTAS dari daftar tabel yang di replikasi di bucardo. Kemudian bucardo saya start lagi untuk menyelesaikan semua data data yang belum di replikasi. Dalam 3 jam ke depan Zabbix menunjukan kalau 2 server tersebut sibuk, karena menyelesaikan transaksi bucardo. Setelah itu rendah kembali, normal seperti sedia kala.,

Nah, saya browsing mencari jawaban mengenai hal ini, tetapi masih belum juga ketemu jawabannya. Mengapa setelah tabel tersebut di CTAS, process bucardo di  tabel tersebut jadi lebih lambat. Apakah ada teman teman yang memiliki pengalaman seperti ini ? mohon info nya.

Author: Nareswara

Ordinary People with eye glasses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *