Belajar Docker.

Apa itu Docker ?

Docker adalah suatu project open source yang memungkinkan kita untuk membuat sebuah wadah atau container, yang berisikan suatu aplikasi, yang sudah kita konfigurasi, kita kemas, dan kita dapat menjalankannya.

Dalam bahasa yang lebih sederhana adalah, coba teman teman membayangkan tumpukan kontainer peti kemas di pelabuhan laut. Ada kontainer warna biru untuk database Postgresql, ada kontainer warna hijau untuk web server Apache + Php, ada kontainer warna kuning untuk database MySQL, ada kontainer warna merah untuk Bisnis Intelegence Pentaho, ada kontainer warna oranye untuk Django + Python, dan banyak lagi kontainer kontainer yang lainnya.

Nah, masing masing kontainer itu memiliki konfigurasi yang berbeda beda, misalnya ada kontainer warna biru (Postgresql) memerlukan konfigurasi database replikasi Bucardo. Kontainer yang lain tidak perlu konfigurasi Bucardo ini, tetapi memerlukan konfigurasi yang lain, misalnya kontainer warna merah (BI Pentaho) memerlukan konfigurasi JAVA SDK, yang mana konfigurasi ini juga tidak diperlukan di kontainer yang lainnya.

Kontainer kontainer tersebut berada di suatu pelabuhan peti kemas, siap untuk dikirimkan menggunakan kapal laut. Managemen pelabuhan sudah mempersiapkan dokumen tata cara pengiriman kontainer kontainer berjenis DOCKER itu. Syahbandar yang akan melakukan bongkar muat kontainer sesuai permintaan dari kapal yang akan berlabuh.

Kemudian datang sebuah kapal pengangkut peti kemas milik seorang web programmer yang memiliki kemampuan mengangkut kontainer berjenis DOCKER. Syahbandar di pelabuhan kemudian membuat duplikasi kontainer warna hijau (Apache + PHP) dan warna kuning (MySQL) dan meletakkannya ke dalam kapal pengangkut ini.

Tak lama berselang, datanglah kapal pengangkut peti kemas milik seorang database administrator dan dia memerlukan kontainer warna biru (PostgreSQL) dan kontainer warna kuning (MySQL). Syahbandar pelabuhan segera melakukan duplikasi terhadap kontainer kontainer yang di perlukan tersebut.

Nah, kedua kapal ini kemudian melanjutkan perjalanan mengarungi samudra yang luas. Pada suatu saat mereka akan berhenti di pelabuhan tujuan, dan kemudian mereka menurunkan kontainer yang mereka bawa, atau menduplikasi kontainer sebelum meletakkannya di pelabuhan tujuan, atau membawa kontainer yang baru ke dalam kapal.

Dari penjelasan diatas, kita dapat menganalogikan sebagai berikut, bahwa pelabuhan atau kapal adalah suatu platform DOCKER, dimana kita bisa membawa bermacam macam kontainer didalamnya. Suatu Pelabuhan dapat diartikan sebagai suatu Server Komputer, dan suatu kapal dapat diartikan sebagai suatu adalah laptop dari seorang software engineer atau laptop dari seorang system engineer. SuatukKontainer dapat diartikan sebagai suatu applikasi dengan konfigurasi librarynya.

Semoga penjelasan sederhana diatas dapat membantu teman teman memahami mengenai apa itu Docker, dan apa itu kontainer, dan bagaimana penerapan penggunaannya.

Bagaimana pendapat teman teman ?

Author: Nareswara

Ordinary People with eye glasses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *